Advertisement

Hasil Akhir Belanda vs Turki, Skor 2-1, De Oranje Hadapi Inggris di Semifinal Euro 2024

Abdul Hamied Razak
Minggu, 07 Juli 2024 - 04:00 WIB
Abdul Hamied Razak
Hasil Akhir Belanda vs Turki, Skor 2-1, De Oranje Hadapi Inggris di Semifinal Euro 2024 Belanda memulangkan Turki usai menang 2-1 pada perempat final Euro 2024 di Olympiastadion, Minggu (7/7 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belanda memulangkan Turki usai menang 2-1 pada perempat final Euro 2024 di Olympiastadion, Minggu (7/7/2024). De Oranje akan menghadapi Inggris pada babak semifinal usai mengalahkan Swiss 5-3.

Gol Turki dipersembahkan oleh Samet Akaydin lewat sundulannya usai menerima assist dari Arda Guler. Pada pertandingan di babak pertama ini, Belanda tidak mencatatkan shot on target, dan tertinggal 1-0 dari Turki.

Advertisement

Adapun gol Belanda tercipa di babak kedua melalui Stefan de Vrij dan Cody Gakpo. Namun papan skor mencatat gol Gakpo sebagai gol bunuh diri pemain Turki, Mert Muldur.

BACA JUGA: Babak Pertama Belanda vs Turki Perempat Final Euro 2024, Skor 0-1, Sundulan Akaydin Bawa Ay-Yldzllar Menang

BACA JUGA: Hasil Inggris vs Swiss, Skor 5-3, Menang Adu Penalti Three Lions Melaju ke Semifinal Euro 2024

Jalannya Pertandingan

Pertandingan baru berjalan beberapa detik, Belanda langsung menusuk serangan ke daerah pertahanan Turki. Pada menit 1, Hampir saja Depay mencetak gol.

Pergerakannya dari sisi kiri, mampu melewati adangan back-back Turki. Sayang saat di depan gawang, tembakannya melenceng ke udara.

Belanda terus menekan Turki. Pada menit ke 7, Simons bergerak ke tengah namun lajunya tertahan oleh Calhanoglu. Saat berebut bola, Simons menendang kaki Calhanoglu, alhasil terjadilah pelanggaran.

Tak ingin jadi bulan-bulanan Belanda, Turki mulai menyerang pertahanan lawan. Umpan dari Calhanoglu dibuang oleh Bardakci, Turki gagal mencetak gol pada menit ke 29.

Gol. Enam menit kemudian, tepatnya di menit ke 35, Turki mengungguli Belanda. Sundulan Akaydin berhasil mengubah skor Turki 1-0 usai menerima bola hasil assist dari Arda Guler. 

Samet Akaydin pemain yang cetak own goal lucu di fase grup vs Portugal, kini ia cetak gol ke gawang Belanda.

Tertinggal satu gol, Belada teru menekan Turki. Proses saling serang terus dilakukan kedua tim. Hingga babak pertama usai, Turki masih unggul 1-0 atas Belanda.

Memasuki babak kedua, De Oranje terus menekan Turki. Permaian Belanda mulai ganas, banyak momen pelanggaran yang dilakukan pemain Belanda.

Turki hampir mencetak gol kedua lewat tendangan bebas Arda Guler di menit ke 55. Bola melesat cepat ke gawang Belanda namun berhasil ditepis Verbruggen.

Alih-alih menambah gol, Turki justru kebobolan pada menit ke 70. Gol! Stefan de Vrij, membukukan namanya pembuka gol Belanda. De Vrij memanfaatkan assist dari Memphis Depay dengan umpan lambungnya. Bola disundul oleh De Vrij ke gawang Turki. Skor 1-1.

Comeback! Enam menit kemudian, Belanda menambah keunggulan lewat gol bunuh diri Mert Muldur pada menit ke 76. Goal Belanda ini usai Gakpo memanfaatkan crossing mendatar Dumfries. Kedudukan menjadi 2-1 untuk kemenangan Belanda.

Hingga peluit panjang babak kedua berbunyi, tak ada lagi tambahan gol. Belanda menang dengan skor 2-1 atas Turki dan menghadapi Inggris pada semifinal Euro 2024.

Susunan Pemain Belanda vs Turki

Belanda (4-2-3-1): Bart Verbruggen; Denzel Dumfries, Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Jerdy Schouten, Tijjani Reijnders; Donyell Malen, Xavi Simons, Cody Gakpo; Memphis Depay.

Pelatih: Ronald Koeman

Turki (4-2-3-1): Mert Gunok; Mert Muldur, Merih Demiral, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu; Kaan Ayhan, Salih Ozcan; Arda Guler, Hakan Calhanoglu, Kenan Yildiz; Baris Alper Yilmaz.

Pelatih: Vincenzo Montella

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Mulai Korosi, Pengaman di Jalur Panjat Tebing Siung Diremajakan

Gunungkidul
| Minggu, 14 Juli 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement