Advertisement

Hasil Inggris vs Swiss, Skor 5-3, Menang Adu Penalti Three Lions Melaju ke Semifinal Euro 2024

Abdul Hamied Razak
Minggu, 07 Juli 2024 - 01:50 WIB
Abdul Hamied Razak
Hasil Inggris vs Swiss, Skor 5-3, Menang Adu Penalti Three Lions Melaju ke Semifinal Euro 2024 Inggris menaklukkan Swiss di Perempat final Euro 2024 usai adu penalti dengan skor 5-3 (1-1) di Dusseldorf Arena, Sabtu (6/7 - 2024) malam WIB.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Inggris menaklukkan Swiss di Perempat final Euro 2024 usai adu penalti dengan skor 5-3 (1-1) di Dusseldorf Arena, Sabtu (6/7/2024) malam WIB.

Perpanjangan waktu 2x15 menit dilakoni Inggris vs Swiss setelah melewati waktu normal 90 menit, skor berakhir imbang 1-1.

Advertisement

Gol Swiss dipersembahkan oleh Embolo pada menit ke 75 usai menerima assist dari Ndoye. Inggris mampu menyusul ketertinggalan pada menit ke 80 lewat tendangan Saka.

Hingga akhir perpanjangan waktu 2x15 selesai, skor masih imbang 1-1. Pertandingan Inggris vs Swiss pun dilanjutkan ke adu penalti.

Adu penalti empat pemain Inggris menyumbang gol masing-masing oleh Cole Palmer, Fabian Schar, Bukayo Saka, Trent Alexander-Arnold. Adapun gol penalti Swiss disumbang oleh Xherdan Shaqiri dan Zeki Amdouni. Manuel Akanji gagal menyumbang gol. Kedudukan 5-3 untuk kemenangan Inggris.

BACA JUGA: 

Babak Pertama Perempat Final Euro 2024, Inggris vs Swiss Berakhir Imbang, Skor 0-0

Babak Kedua Usai, Hasil Inggris vs Swiss Sama Kuat, Skor 1-1, Lanjut Extra Time

Jalannya Pertandingan

Sejak awal babak pertama dimulai, baik Inggris maupun Swiss saling mencoba mengambil inisiatif serangan. Sayangnya, serangan yang dibangun ke tim lawan tidak mampu dikonversi menjadi gol.

Meski Inggris sedikit dominan dalam penguasaan bola, mereka tetap sulit membongkar pertahanan Swiss.

Inggris yang menerapkan formasi 3-5-2 lebih banyak mengancam area pertahanan Swiss dari sisi kanan. Kobie Mainoo dijadikan senjata untuk bikin gol dari lini tengah.

Pada menit ke 15, Swiss yang berpusat pada Granit Xhaka sempat merepotkan barisan pertahanan Inggris.

Inggris sesekali mengancam pertahanan Swiss, namun mereka sering kesulitan mengancam gawang Yann Sommer. Peluang-peluang Inggris selalu dimentahkan oleh barisan pertahanan Swiss.

Beradu dengan Bellingham, Fabian Schar diganjar kartu kuning oleh wasit pada menit ke 37.

Di menit ke 45, Inggris mendapatkan peluang terbaik saat Mainoo mendapat ruang tembak. Sayang, tendangannya masih melebar

Hingga babak pertama berakhir, skor Inggris vs Swiss 0-0.

Di babak kedua, jual beli serangan antara Inggris dan Swiss tampak lebih meningkat. 

Pada menit ke 56, Embolo nyaris cetak gol pertama untuk Swiss, namun bola masih bisa ditangkap oleh Pickford.

Gol. Serangan Swiss dari sisi kanan membuahkan hasil. Aksi Ndoye yang menendang bola dari luar kotak penalti disambut Embolo yang berada di dekat gawang Inggris.

Embolo pun mencetak gol pertama untuk Swiss pada menit ke 75, Skor 0-1 untuk keunggulan Swiss.

Tertinggal satu gol, Inggris meningkatkan serangan ke gawang Swiss. Lima menit setelah kegolan, Inggris mampu menyusul ketertinggalan. Inggris mampu menyamakan kedudukan pada menit ke 80.

Gol. Saka yang melihat peluang langsung menendang bola dari luar korak penalti ke sisi kiri gawang Swiss yang dijaga ketat. Skor imbang, 1-1.

Masa injury time dimanfaatkan maksimal oleh Swiss untuk menang. Swiss nyaris menambah gol yang kedua di detik-detik akhir babak 2 atau pada menit ke 90'+2. 

Sayang, hingga peluit panjang ditiup, skor Inggris vs Swiss masih sama 1-1. Pertandingan dilanjutkan babak extra time.

Extra Time

Di babak tambahan, Swiss memaksimalkan waktu dengan langsung menyerang pertahanan Inggris. Sentuhan satu dua dari Swiss hampir membuahkan gol pada menit 91. Sayang, tidak ada gol tercipta.

Inggris dua kali punya peluang emas. Sepakan cakep dari Rice pada menit ke 94 masih bisa ditepis oleh Sommer! Begitu juga dengan bola tendangan Bellingham di menit ke 101 masih bisa ditangkap dengan mudah oleh Sommer.

Perpanjangan waktu 2x15 menit berakhir, pertandingan dilanjutkan ke adu penalti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Mulai Korosi, Pengaman di Jalur Panjat Tebing Siung Diremajakan

Gunungkidul
| Minggu, 14 Juli 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement